Senin, 26 Maret 2012

Diskriminasi Dalam Kehidupan Sehari - hari


Bela Orvis Handini
11/311986/SP/24469

            Fenomena diskriminasi secara sadar ataupun tidak, berada di tengah – tengah lingkungan bermasyarakat kita. langsung ataupun tidak langsung dapat terjadi pada diri kita sendiri. Diskriminasi cenderung dikaitkan dengan status ekonomi seseorang. Namun, bukan hanya status ekonomi saja, tingkat pendidikan, status kelas, maupun jabatan seseorang. Diskriminasi dapat terjadi dimana saja, kapan saja, dan oleh siapapun. Namun, apa sebenarnya pengertian diskriminasi. Diskriminasi adalah pembedaan perlakuan antara sesama warga negara.[1]
            Diskriminasi juga daoat terjadi dalam parkir mobil. Saya waktu itu pernah pergi di suatu tempat perbelanjaan modern di Yogya. Waktu itu saya mencari tempat parkir mobil dan mobil saya waktu itu biasa saja. Kebetulan waktu itu tinggal ada satu tempat parkir. Ketika saya menempati parkir disitu, tiba – tiba diusir dengan tukang parkir yang terdapat di tempat parkir tersebut. Dengan alasan mobil saya belum cukup bagus untuk parkir disana. Tidak hanya itu, diskriminasi juga terjadi di dalam pertokoan. Dapat kita lihat ketika memasuki sebuah toko. Terkadang karyawan toko hanya melihat dari penampilan pembeli. Tingkat keramahan dan kulitas pelayanan dilihat dari penampilan dan banyak sedikitnya kita membeli. Ketika kita datang dengan penampilan yang modern, pelayan melayani sebaik mungkin, tetapi ketika kita berpenampilan sebaliknya, maka pelayanannyapun sebaliknya. Hal seperti inipun dapat kita alami juga. Saya sendiri pun pernah mengalaminya.
            Contoh diskriminasi diatas adalah contoh diskiriminasi sederhana. Bahkan terkadang kita tidak sadar akan hal itu. Sehingga terkadang hal itu diabaikan. Padahal menurut saya diskriminasi besar itu berasal dari diskriminasi yang kecil. Diskriminasi mungkin suatu hal yang akan sulit untuk dihapuskan. Apalagi di dunia yang memang sangat susah untuk mendapatkan suatu equality. Untuk itu, kita harus lebih bisa menghargai orang lain agar diskriminasi walaupun tidak hilang. namun bisa sedikit dikurangi.


[1] http://www.artikata.com/arti-325404-diskriminasi.html

0 komentar:

Posting Komentar